[KISI-KISI] Soal Ulangan Tema 2 Bermain Di Lingkunganku Kelas 2 SD

Bocoran soal ulangan untuk tema 2 (Bermain Di lingkunganku) merupakan kumpulan soal yang telah disusun dengan tumpuan dari kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Bocoran soal ini lebih tepatnya Kisi-kisi soal ulangan yang berpeluang keluar dalam ulangan harian, UTS ataupun UAS.

Karena jumlah soalnya yang banyak, judul postingan ini yakni Bocoran soal ulangan tema 2 kelas 2 SD. Kumpulan soal ini kalau digubah lagi secara keatif, tentu akan keluar dalam ulangan.

Ada empat subtema dari Tema 2 revisi 2017, yaitu;
  1. Subtema 1, bermain di lingkungan rumahku
  2. Subtema 2, bermain di rumah teman
  3. Subtema 3, bermain di lingkungan sekolah
  4. Subtema 4, bermain di tempat wisata
Inilah kumpulan soal yang berpeluang keluar dalam ulangan,
Jawablah soal berikut dengan disilang pada balasan a, b atau c!.

1. Rido sedang bernyanyi dan mengeluarkan suara beraturan, suara beraturan disebut dengan..........
    a. nada
    b. lagu
    c. bernyanyi


2. Panjang pendeknya nada sanggup dihitung dengan satuan hitungnya disebut..........
    a. ketukan
    b. nada
    c. bunyi


3. Dua kelompok anak sedang bermain lompat tali, Setiap kelompok terdiri atas tiga anak. Bentuk penjumlahan sesuai pernyataan tersebut yakni ..........
    a. 2  +  2  = .....
    b. 2  +  2  +  2 = .....
    c. 3  +  3  = .....


4. Perhatikan soal nomor 3. Bentuk perkalian dari pernyataan tersebut adalah..........
    a. 2  x  3 = .....
    b. 2  x  2 = .....
    c. 3  x  3 = .....


5. Simak gambarnya!
 merupakan kumpulan soal yang telah disusun dengan tumpuan dari kurikulum  KISI-KISI SOAL ULANGAN TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2 SD
Jika dibentuk dalam bentuk penjumlahan, sanggup ditulis..........
    a. 3  +  2 = .......
    b. 3  +  3 = .......
    c. 2  +  3 = .......


6. Perhatikan!
 merupakan kumpulan soal yang telah disusun dengan tumpuan dari kurikulum  KISI-KISI SOAL ULANGAN TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2 SD
Cara dan hasil penjumlahan yang tepat untuk gambar di atas adalah..........
    a. 4  +  12 = 16
    b. 4 x 4 = 16
    c. 4  +  4  +  4  +  4 = 16


7. Aturan ketika bermain, akan melatih sikap..........
    a. disiplin
    b. kemenangan
    c. kekuatan tim


8. Permainan tarik tambang yakni jenis permainan..........
    a. individu
    b. kelompok
    c. tali temali


9. Akibat yang ditimbulkan kalau kelebihan bermain handphone..........
    a. pintar
    b. lulus ulangan
    c. mata sakit


10. Bentuk buku tulis adalah..........
    a. lingkaran
    b. bergaris
    c. persegi panjang


11. Berikut bentuk permukaan benda yang halus, kecuali..........
    a. kertas
    b. pasir
    c. bulu


12. Rendi mempunyai gelas yang berbentuk tabung, diisi air mineral, jadi bentuk air tersebut adalah..........
    a. bening
    b. tabung
    c. transparan


13. Perhatikan gambar pensil berikut! 
Bentuk perkalian yang tepat adalah..........
    a. 2  x  3 = .....
    b. 2  + 2  + 2 = .....
    c. 3  x  3 = .....


14. Pino meletakan kerikil kerikil pada lima lubang permainan congklak, selanjutnya setiap lubang diisi 3 kerikil kerikil, kalimat matematikanya adalah..........
    a. 5 + 5 = .....
    b. 3  +  3  +  3  +  3  +  3 =.....
    c. 3  x  5 = 14


15. Balon sanggup menggelembung alasannya berisi..........
    a. udara
    b. ditiup
    c. lentur


16. Sifat udara adalah, KECUALI..........
    a. tetap
    b. mengikuti wadahnya
    c. berubah-ubah


17. Berikut ini yang termasuk benda cair adalah..........
    a. batu
    b. air
    c. angin.


18. Jus alpukat termasuk benda..........
    a. padat.
    b. cair
    c. gas


19. Uap air termasuk benda ............
    a. padat
    b. cair
    c. gas


20. Apakah yang terjadi kalau kita tidak mematuhi hukum dalam permainan?
    a. kemenangan
    b. perselisihan
    c. nilai sempurna


21. Sifat benda padat adalah............
    a. tetap
    b. berubah
    c. mencair


22. Minyak yang didinginkan akan mengalami perubahan menjadi............
    a. padat
    b. cair
    c. gas


23. Contoh perilaku membuktikan mematuhi peraturan di rumah adalah............
    a. memasuki kamar Ayah dan Ibu tanpa ijin
    b. mengetuk pintu sebelum masuk
    c. mengambil barang sembarangan


24. Tidak membuang sampah sembarang akan membuat ............
    a. lingkungan kotor
    b. menjadi pintar
    c. lingkungan bersih


25. Memakan makanan tanpa ijin merupakan perilaku yang ............
    a. terpuji
    b. patut di contoh
    c. tidak baik


26. Menakah perilaku yang mencerminkan hidup higienis di lingkungan rumah ............
    a. membuang sampah di halaman rumah
    b. Ibu sedang menyapu di dapur
    c. Adik menyapu ruang kelas


27. Jika es kerikil didiamkan di atas meja akan mengalami perubahan menjadi ............
    a. es krim
    b. air
    c. es beku


28. Bentuk perkalian bilangan sesuai dengan gambar berikut yaitu 2 dikalikan 3.
 merupakan kumpulan soal yang telah disusun dengan tumpuan dari kurikulum  KISI-KISI SOAL ULANGAN TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2 SD
Berapkah kesudahannya ............
    a. lima
    b. enam
    c. tujuh


29. Perkalian bilangan dengan angka nol, kalau semua bilangan dikalikan dengan nol maka kesudahannya yakni ............
    a. satu
    b. nol
    c. sepuluh

30. Udara yang bergerak disebut dengan ............
    a. balon
    b. pesawat
    c. angin


31. Contoh benda gas berikut ini, kecuali .............
    a. ban karet
    b. angin
    c. udara


32. Sikap yang sopan dilakukan di lingkungan rumah yakni ............
    a. berpamitan ketika hendak pergi
    b. duduk di atas meja
    c. tidak merapikan peralatan sehabis bermain



33. Iwan membeli buku sebanyak 3 lusin, satu lusin banyak 12 buku. Berapa banyak buku semuanya ............
    a. 35
    b. 36
    c. 37


34. Di atas rak ada tiga kotak pensil, setiap kotak berisi tujuh pensil, berapakah jumlah pensil kalau dijumlahkan semuanya ............
    a. 22
    b. 20
    c. 21


35. Setelah jam istirahat Beno, Rudi dan Siska bahagia bermain kelereng di halaman sekolah, setiap anak membawa delapan kelereng, kalau kelereng tersebut digabung semuanya, maka jumlahnya adalah............
    a. 23
    b. 24
    c. 25


36. Sandi mempunyai 13 kelereng, ketika mau bermain bersama temannya, kelereng Sandi hilang lima buah. Berapa sisa kelereng sekarang? ............
    a. 8
    b. 9
    c. 7


37. Sebanyak 9 dus buku di bawa oleh tiga orang. Jika setiap orang membawa dus sama banyak, berapa jumlah dus yang di bawa setiap orang?............
    a. empat
    b. tiga
    c. enam


38. Jumlah kelas 8 sebanyak 15 siswa, akan dibagi menjadi tiga kelompok yang sama banyak. Berapkah jumlah siswa perkelompok? ............
    a. 5
    b. 6
    c. 7


39. Manakah Contoh tata tertib berpakaian di sekolah............
    a. Baju Anji keluar celana
    b. rambut Bento melebihi daun telinga
    c. Rido berbaris rapi ketika upacara bendera


40. Sebuah perusahaan bola sanggup membuat 9 bola dalam sehari, kalau dihitung dalam seminggu, berapa jumlah bola yang terkumpul............
    a. 63
    b. 45
    c. 72


41. Ibu mempunyai 20 makanan ringan anggun pia dan ingin membagi rata kepada anggota keluarga semuanya, kalau seluruh anggota keluarga sebanyak 5 orang, berapakah per-orang menerima bagian............
    a. 5
    b. 4
    c. 10


42. Jika kita mematuhi tata tertib di sekolah, akan bermanfaat membuat sikap............
    a. pemarah
    b. disiplin
    c. tidak sopan


43. Berikut ini yang merupakan tempat wisata bagi siswa adalah............
    a. pantai
    b. pasar
    c. wihara


44. Kelas 6 SD Harapan akan melaksanakan wisata ke Bedugul Bali, dibutuhkan 4 unit bus untuk menampung 48 siswa, kalau setiap bus diratakan siswanya, berapakah siswa diisi setiap bus?............
    a. 24
    b. 8
    c. 12

45. Manakah kegiatan yang dilakukan di pantai, kecuali............
    a. bermain layang-layang
    b. membuat gunungan pasir
    c. menabung

46. Manakah yang termasuk kawasan wisata ............
    a. pasar
    b. pantai Kuta
    c. bank

47. Contoh hukum tata tertib di kawasan wisata ............
    a. membuang sampah pada tempatnya
    b. mengendarai kendaraan beroda empat di keramaian
    c. dihentikan berenang


48. Akibat yang ditimbulkan ketika hukum dilanggar di tempat wisata ............
    a. dimarahi Ibu
    b. tidak punya teman
    c. wisatawan menjadi sepi


49. Ada 27 telur yang siap dierami oleh induknya,
 Jika setiap induk ayam diberikan telur yang jumlahnya sama rata, berapakah jumlah telur per satu ayam...........
    a. delapan
    b. sembilan
    c. sepuluh


50. Di kebun binatang berbagai jenis hewan, seperti: harimau, kijang, singa.
Jika jumlah total harimau 32 ekor, kandangnya ada 4, setiap kandnag berisi harimau yang sama banyak. Berapa jumlah harimau di setiap kandang?  ............
    a. delapan
    b. sembilan
    c. tujuh




Kunci Jawaban: 
 1.  A                       11. B                    21. A                       31. A                      41. B
 2.  A                       12. B                    22. A                       32. A                      42. B
 3.  C                       13. A                    23. B                       33. B                      43. A
 4.  A                       14. C                    24. C                       34. C                      44. C
 5.  B                       15. A                    25. C                       35. B                      45. C
 6.  C                       16. A                    26. B                       36. A                      46. B
 7.  A                       17. B                    27. B                       37. B                      47. A
 8.  B                       18. B                    28. B                       38. A                      48. C
 9.  C                       19. C                    29. B                       39. C                      49. B
 10.C                       20. B                    30. C                       40. A                      50. A  
 

Perhatian:
Soal-soal di atas hanya sebatas gubahan beberapa sumber pendukung untuk tema 2 Bermain di Lingkunganku. Jadilah siswa yang kreatif dengan memecah satu soal menjadi beberapa opsi supaya wawasanmu terhadap materi kelas dua sanggup dikuasai dengan mudah.
Selamat mencar ilmu dan jadilah cerdas.

Comments

Popular Posts